Menjual atau membeli rumah, bukan pekerjaan yang bisa dilakukan semua orang. Perlu tenaga, waktu, terlebih lagi pengalaman. Bagi pemilik atau penjual properti, khususnya pemilik/penjual rumah atau apartemen, perlu cermat memilih jasa yang tepat dan dapat dipercaya dalam menawarkan propertinya. Berikut tips memilih agen properti yang bisa dicoba.

  • Aktif Berkomunikasi

Sebagai penjual atau pembeli rumah, akan merupakan bencana bila agen properti yang Anda tunjuk, sulit dihubungi. Dunia properti sangat sensitif terhadap waktu, karena ketepatan waktu mempengaruhi informasi, misalnya data terbaru mengenai properti yang ingin dibeli, atau calon pembeli potensial yang ingin membeli properti Anda.

 

  • Bersikap Proaktif

Agen yang baik secara proaktif menghubungi pembeli potensial. Selain itu, mereka juga menjalin hubungan baik dengan customer laima serta terus menambah jumlah leads baru. Faktor pentingnya adalah bagaimana membuat klien merasa mendapatkan informasi yang cukup.

 

  • Pendengar yang Baik

Kebanyakan agen properti yang baik akan mengingatkan untuk berhati-hati terhadap agen yang berbicara terlalu banyak, karena yang ideal adalah klien yang harus berbicara lebih banyak. Agen yang baik paham akan keinginan maupun permintaan khusus klien.

 

  • Kuasai Area

Seorang agen harus mampu menguasai suatu area baik dari luar maupun dari dalam. Ia juga harus memiliki pandangan properti pada beberapa daerah sekitar. Dengan referensinya yang banyak, agen yang baik akan memberikan pilihan terbaik bagi kliennya.

 

  • Tahu Tren Harga

Agen yang baik adalah agen yang piawai dalam menjelaskan tren harga. Kemampuan tersebut dapat dilihat saat agen memberikan taksiran properti klien.

 

  • Memotivasi Klien

Jual beli seperti yang disebutkan di awal, bukanlah pekerjaan yang mudah. Bagi orang awam, hal ini akan sangat melelahkan. Agen yang baik akan terus memberi semangat kliennya untuk bersabar mendapatkan hasil yang terbaik.

 

  • Paham Jangka Waktu

Mengatur waktu antara prioritas dan bukan merupakan hal yang esensial. Agen yang baik akan mengutamakan klien yang ingin segera menjual rumahnya dengan waktu cepat.

 

  • Tahu Motivasi Konsumen

Agen yang baik tahu latar belakang klien dalam membeli/menjual propertinya. Informasi in akan bermanfaat dalam mengatur prioritas waktu akrena kebutuhan tiap klien berbeda.